Mengenal Kombucha

Mengenal Kombucha

Apa itu kombucha? Apakah kamu pernah coba meminumnya? Dikenal sebagai “Tea of Immortality”. Kombucha adalah minuman dari teh yang dibuat melalui proses fermentasi, seperti yoghurt, keju, kefir, kimchi dan lainnya.

Kombucha mengandung probiotik, sejenis bakteri baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang menjaga kesehatan seperti membantu untuk tidak mudah flu-pilek, menjaga pencernaan agar tidak mudah sembelit, menjauhkan dari sakit maag, membantu berat badan menjadi seimbang, pola tidur yang lebih baik, mengurangi kram atau ketidak nyamanan saat menstruasi, membantu konsentrasi, membantu penurunan tekanan darah & kolesterol serta meningkatkan kualitas kulit.

Berawal dari Manchuria, Cina sekitar 2.000 tahun yang lalu, Kombucha dibuat dengan cara menyeduh teh (hitam, hijau atau putih) dengan gula kemudian difermentasi menggunakan jamur kombucha,SCOBY (Symbiotic Culture of Bacteria and Yeast), yang mengandung beberapa jenis ragi dan bakteri. Teh dan scoby di fermentasi sekitar 7-10 hari, semakin lama proses fermentasi, rasa kombucha akan terasa lebih asam karena SCOBY menyerap gula yang ada dan mengubahnya menjadi vitamin dan antioksidan.

Setelah Kombucha sudah jadi, simpan dalam kulkas, dan minum sehari sekali. Dari proses fermentasi, Kombucha mengandung berbagai zat yang baik untuk tubuh seperti asam laktat, asam asetat, asam malat, asam oksalat, asam nukleat, folat, asam amino, enzim, vitamin B, Vitamin C dan lainnya. Meskipun memerlukan penelitian lanjut, banyak bukti yang menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi kombucha dapat menutrisi bakteri yang baik untuk mendukung keseimbangan sistem tubuh kita, meningkatkan imun tubuh, juga menjaga kesehatan, kelembaban dan mencerahkan kulit dari dalam.

Selain diminum, kombucha baik sekali untuk kulit. Manfaat kombucha pada produk perawatan kulit seperti  menjaga kulit agar tetap terhidrasi, meningkatkan elastisitas kulit, menunda munculnya kerutan dan garis-garis halus serta mencerahkan, seperti yang ada dalam JUARA Sweet Black Tea and Rice Moisturizer, JUARA Sweet Black Tea & Ginger Oil-Free Moisturizer dan JUARA Miracle Tea Eye Cream.

Yuk coba!

Shop The Story

Essential Oil - Balancing | Bergamot & Patchouli, 10ml
Jasmine Tea & Freesia Nourishing Body Oil, 200ml
Sweet Almond Nourishing Body Oil, 200ml